DKP Bengkalis Taja Pelatihan Teknologi Perikanan dengan Sistem Bioflok

Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Jumat, 11 Oktober 2019 - 23:08:07 WIB

DKP Bengkalis Taja Pelatihan Teknologi Perikanan dengan Sistem Bioflok

Pelatihan DKP Bengkalis tentang Teknologi Perikanan Bioflok

SEPAHAT -- Dalam upaya meningkatkan pengetahuan budidaya perikanan dan peningkatan ekonomi masyarakat, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bengkalis menggelar Pelatihan Teknologi Perikanan Budidaya Ikan lele dengan Sistem Bioflok, Jumat (11/10/2019).

Pelatihan yang dilaksanakan di Kantor Desa Sepahat Kecamatan Bandar Laksamana diikuti peserta dari santri Pondok Pasentren Alfattah Desa Sepahat dan kelompok usaha masyarakat Desa Tanjung Leban sebanyak 20 orang dengan narasumber berasal dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Riau Pekanbaru.

Kabid Dinas Kelautan dan Perikanan, Marhalim menyampaikan kepada prodesanews.com bahwa pelatihan bertujuan  memberi pemahaman terhadap peserta bagaimana teknologi perikanan dengan sistem bioflok secara teori dan menerapkannya secara lapangan.

Bioflok menurut Marhalim merupakan sistem teknologi perikanan budidaya terbaru untuk lebih efesien dan hemat. dimana teknologi ini memanfaatkan bakteri baik yang dapat mengurai sisa pakan dan kotoran ikan menjadi plok, selanjutnya plok akan menjadi makanan ikan sehingga terjadi efisiensi penggunaan pakan dan hemat penggunaan air serta ramah lingkungan.

Untuk itu ia berharap melalui pelatihan yang ditaja DKP Bengkalis, peserta dapat mengambil pengetahuan dibidang perikanan terutama budidaya ikan lele dan pengetahuan inovasi-inovasi terbarukan tentang pemanfaatan teknologi budidaya perikanan.

Dalam pelatihan ini DKP Bengkalis juga memberikan bantuan kolam, bibit lele dan pakan awal untuk dikelola oleh para peserta pelatihan, ia meminta apa yang telah diberikan dari Dinas pelatihan budidaya ikan sistem bioflok serta bantuan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. (Sn)

 

 


  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook