Dihadiri Kadis Koperasi Bengkalis, Pemdes Sepahat Gelar Sosialisasi Pengelolaan Koperasi

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Sabtu, 07 September 2019 - 10:25:49 WIB

Dihadiri Kadis Koperasi Bengkalis, Pemdes Sepahat Gelar Sosialisasi Pengelolaan Koperasi

Foto bersama usai sosialisasi perkoperasian
BANDARLAKSAMANA -- Pemerintah Desa Sepahat Kecamatan Bandar Laksamana menggelar sosialisasi tentang pengelolaan Koperasi Desa dengan menghadirkan langsung Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil Mikro dan Menengah (Diskop UMKM) Kabupaten Bengkalis Herman,SS. M.Si sebagai narasumber. Jumat (6/9/2019) lalu.
 
Dalam sambutannya Kades Sepahat, Mhd. Azlan, Lc mengatakan bahwa untuk mewujudkan salah satu program utama kades adalah pengelolaan lahan program Kemiskinan, Kebodohan dan Infrastruktur (K2I) yang ada di desa sepahat guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Maka kita pemerintah desa beberapa waktu yang lalu membentuk Koperasi. Salah satu program utama kami adalah bagaimana keberadaan lahan K2I di desa Sepahat dapat dikelola dengan baik guna meningkatkan ekonomi masyarakat. Beberapa waktu yang lalu kita pemerintahan desa Sepahat membantuk Koperasi yang beranggotakan perangkat desa, lembaga-lembaga desa, tokoh masyarakat dan unsur masyarakat sebagai pendiri awal," ujar Azlan.
 
M. Azlan selaku Kades berharap kepada seluruh masyarakat, perangkat desa, kelembagaan, tokoh masyarakat untuk memberi dukungan terhadap koperasi yang telah terbentuk dan sudah berbadan hukum, dan mengajak seluruh masyarakat kedepannya bergabung sebagai anggota Koperasi Sepahat Berkah Bersama.
 
"Ke depan mari bersama-sama seluruh masyarakat bergabung sebagai anggota dan memberikan dukungan penuh terhadap Koperasi Sepahat Berkah Bersama yang telah terbentuk melakukan proses rekrutmen anggota, membangun kemitraan dan koordinasi dengan pihak-pihak terkait bagaimana keberadaan lahan K2I yang ada di desa ini dapat dikelola untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat Desa Sepahat " harapnya. 
 
Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi terkait pendirian koperasi, pengelolaan dan pembinaan koperasi oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis Herman. 
 
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Bengkalis Herman dalam kesempatan itu sangat mengapreasiasi kepada pemerintahan desa, pengurus koperasi dan masyarakat yang sudi hadir pada acara sosialisasi ini. 
 
“Kita sangat bangga terhadap masyarakat Desa Sepahat yang sudi hadir dalam cuaca yang panas ini pada acara sosialiasi terkait bagaimana pendirian, pengelolaan koperasi yang baik, dan juga pertanggungjawaban keuangan koperasi itu sendiri, dan biasanya sulit mengumpulkan masyarakat," ujar Herman yang juga Panglima Muda Laskar Melayu Bersatu (LMB) Kabupaten Bengkalis ini.
 
Herman juga menerangkan dalam berkoperasi paling tidak ada 3 hal yang diperhatikan diantaranya legalitas koperasi, unit usaha yang dilakukan dan keuangan.
 
"Dari sisi kelembagaan, koperasi harus legal dan berbadan hukum, kemudian ada unit usaha yang akan dikembangkan dan ada pelaporan keuangan koperasi itu sendiri, baik itu pertanggungjawaban kepada anggota maupun kepada dinas terkait agar koperasi ini berjalan sesuai aturannya," terangnya. 
 
Kemudian Herman menambahkan bahwa di desa sepahat ini ada potensi ekonomi yakni lahan K2I yang ada sebagaimana disampaikan pak kades, optimalkan sehingga dapat dikelola untuk kesejahteraan masyarakat Desa Sepahat. 
 
"4 atau 5 tahun yang akan datang, kalau benar-benar lahan K2I yang begitu luas ini dapat dikelola dengan baik, saya yakin kesejahteraan ekonomi masyarakat desa sepahat kedepan pasti meningkat. Pemkab Bengkalis melalui Dinas Koperasi siap melakukan pembinaan secara rutin ke depannya," tutur Herman Ketua Umun Ikatan Alumni SMAN 1 Sungai Pakning ini.
 
Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari beberapa masyarakat kepada Bapak Herman selaku Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kab. Bengkalis setelah penyampaian pemaparan sosialisasi pengelolaan koperasi. (Win/AT)
Sumber : http://www.riautempo.com
 
 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook