Transparan Kelola Anggaran, Desa Kadur Pasang Baliho APBDes 2019

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Rabu, 28 Agustus 2019 - 12:21:59 WIB

Transparan Kelola Anggaran, Desa Kadur Pasang Baliho APBDes 2019

RUPAT UTARA -- Pemerintah Desa  Kadur, Kecamatan Rupat utara, Kabupaten Bengkalis memasang baliho berisi rincian penggunaan APBDes. Hal itu dilakukan sebagai bentuk transparansi dalam pengelolaan APBDes tahun 2019.

“Kita ingin menunjukkan bahwa dalam setiap pengelolaan APBDes selalu transparan. Dengan demikian, masyarakat juga dapat mengetahui rincian pengelolaannya,” kata Jaironi

Kepala Desa (Kades) Kadur Jaironi S.sos saat di hubungi  awak media  Selasa 27 /8/2019 ia mengatakan melalui baliho tersebut, masyarakat dapat mengetahui rincian dari penerimaan dana berupa sumber pendapatan desa dan pengeluaran berupa belanja desa. Pada baliho terpampang dengan jelas sumber pendapatan desa yang terdiri dari Pendapatan Asli Desa (PAD), Dana Desa (DD), bagi hasil pajak dan retribusi, Alokasi Dana Desa (ADD) , dan bantuan keuangan provinsi.

Dalam hal belanja desa, lewat baliho tersebut, masyarakat dapat mengetahui besarnya pengeluaran dari dana-dana tersebut yaitu bidang pemerintahan desa, bidang pembinaan masyarakat, bidang pelaksanaan pembangunan desa, dan pemberdayaan masyarakat .

“Pemasangan baliho ini penting karena masyarakat ingin mengetahui detail penggunaan anggaran desa, baik yang bersumber dari transfer pemerintah pusat atau Dana Desa, pemerintah daerah  atau ADD, dan PAD," ujar Jaironi

Selain itu, lanjut dia, pemasangan baliho tersebut bertujuan untuk menindaklanjuti Peraturan Menteri Keuangan dan peraturan daerah tentang akses transparansi kegiatan APBDes tahun berjalan yang wajib dipublikasikan kepada masyarakat desa melalui berita ataupun media spanduk, banner, atapun website.

Kewajiban untuk memasang baliho ataupun spanduk tentang APBDes di setiap desa juga merupakan perintah langsung dari Presiden Joko Widodo melalui Menteri Keuangan dan Menteri Desa. Di sisi lain, pemasangan baliho ini merupakan syarat bagi desa untuk mendapatkan transfer dana desa pada masa mendatang.

"Transparansi anggaran desa merupakan bentuk pertanggungjawaban pihak pemerintah desa untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan masyarakat tentang realisasi penggunaan anggaran," tambahnya.

Saat ditemui tempat terpisah Koordinator Pendamping Desa (PD P3MD) Kecamatan Rupat Utara Iwan Santoso mengatakan berdasarkan amanah undang-undang tersebut pendamping desa (P3MD) di Kecamatan Rupat Utara  Kabupaten  Bengkalis mendorong pemerintah desa untuk aktif dalam melaksanakan sistem keterbukaan informasi publik.  agar pemerintah desa lebih transparan dalam mengelola keuangan desa, salah satunya dengan mendorong pemerintah desa untuk memasang baliho APBDesa.

“Pada dasarnya APBDes bukanlah sebuah hal yang harus dirahasiakan keberadaanya, semua unsur masyarakat berhak untuk mengetahui isi dari APBDes, dan tugas pemerintah desa adalah membuka informasi kepada masyarakat seluas-luasnya agar partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa tumbuh”. ungkap Iwan (Budi/AT)

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook