Sekda Bengkalis Buka Bursa Inovasi Desa Cluster 1 Gerbang Utama

Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Senin, 05 Agustus 2019 - 13:01:00 WIB

Sekda Bengkalis Buka Bursa Inovasi Desa Cluster 1 Gerbang Utama

Teks foto : Sekda saat memukul gong tanda Bursa Inovasi Desa cluster I resmi di buka

BENGKALIS – Bupati Bengkalis Amril Mukminin pada kesempatan itu di wakili oleh Sekda Bengkalis H Bustami HY membuka Bursa Inovasi Desa (BID) cluster 1 yang dinamaka Gerbang utama dilaksanakan di auala lantai 4 Kantor Bupati Bengkalis. Senin pagi (05/08/19)

Program Inovasi Desa yang dibuka oleh Sekda Bengkalis juga dihadiri Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bengkalis H Yuhelmi, Camat Bantan Reza Noviandra, Camat Bengkalis Ade Suwirman, Kepala Desa se-Kecamatan Bantan dan Bengkalis, Ketua Panitia Bursa Inovasi Desa Agus Salim, Pendamping Desa Ekonomi Bengkalis dan Bantan, Pendamping Desa Pembangaun Bengkalis dan Bantan, Pendamping Lokal Desa Bengkalis dan Bantan serta tamu undangan yang hadir.

Pada awal acara pembukaan Bursa Inovasi Desa, Ketua panitia pelaksana membacakan jumlah peserta Bursa Inovasi Desa cluster 1 di ikuti oleh 51 Kepala Desa yang terdiri dari 28 Desa di Kecamatan Bengklais dan 23 Desa di Kecamatan Bantan.

“Kami berharap kepada kepala desa yang ada di gerbang utama ini untuk berkomitmen merealisasi anggaran untuk program inovasi desa. Kami yakin dan percaya bahwasannya desa kita masing-masing mempunyai potensi tersendiri. Dari pada itu marilah kita gali pontensi itu menjadi ikon terbaru di masa yang akan datang”, harap Ketua Panitia Agus Salim.

Program inovasi desa yang terdapat di dalam bursa inovasi desa merupakan sebuah forum penyebaran informasi dan pertukaran inisiatif atau inovasi masyarakat yang berkembang di desa-desa, serta merupakan media belajar bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk memperoleh informasi yang dapat mendukung pembangunan desa dalam wilayah Kabupaten Bengkalis.

Program inivasi desa ini muncul dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa melalui peningkatan kapasitas desa dalam mengembangkan rencana dan pelaksanaan  pembangunan desa secara bekualitas.

“Untuk itu melalui pelaksanaan program bursa inovasi desa ini, Kami berharap kepada kepala desa kecamatan Bengkalis dan Bantan untuk mampu memicu munculnya inovasi desa dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif”, harap Sekda Bengkalis.

Kepala desa bersama pemangku kepentingan di desa pentingnya memiliki sikap cermat dan jeli dalam melihat potensi desa. Karena dari potensi desa tersebut, untuk selanjutnya perlu dilakukan langkah kreatif dan inovatif sehingga kedepanya akan memiliki nilai ekonomi produktif bagi masyarakat desa itu sendiri.

“Manfaatkan dana desa untuk daya ungkit peningkatan ekonomi masyarakat. Semua stafholder, termasuk pemuda hendaknya kembali ke desa, membangun desa, sehingga desa memiliki daya tarik tersendiri, sehingga diharapkan bisa semakin  memajukan desa, menekan tingkat kemiskinan  dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat”. Harapnya lagi. (AT)

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook