Bursa Inovasi Desa

Kades Kab. Bengkalis Diminta Komitmen Inovasi Desa 2020

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Minggu, 04 Agustus 2019 - 13:40:01 WIB

Kades Kab. Bengkalis Diminta Komitmen Inovasi Desa 2020

BENGKALIS - Pemerintah Kabupaten Bengkalis melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) akan laksanakan Bursa Inovasi Desa atau BID yang direncanakan dimulai secara perdana pada Senin (5/8/2019) di Aula Kantor Bupati Bengkalis.

Dihubungi melalui saluran seluler, Kepala Bidang Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Erdila Fitriyadi, S.Sos, M.Si, membenarkan secara perdana besok Senin (5/8/2019),

"Dimulai cluster 1 dan akan berakhir nantinya di Kecamatan Rupat - Rupat Utara, pertengahan agustus kita targetkan udah selesai," ujarnya.

Erdila juga mengatakan kegiatan BID dibagi 4 gerbang sesuai Visi - Misi Bupati Bengkalis, dengan pembagian wilayah masing - masing Kecamatan Bengkalis - Bantan cluster 1 gerbang utama, Bukit Batu - Siak Kecil - Bandar Laksamana cluster 2 gerbang laksamana, Mandau - Bathin Solapan - Pinggir - Talang Maundau cluster 3 gerbang permata dan Rupat - Rupat Utara cluster 4 gerbang pesisir.

"Program Inovasi Desa (PID) tujuannya antara lain ingin mendorong pemanfaatan Dana Desa lebih berkualitas lagi sebagai upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa dalam mengembangkan potensi yang ada di Desa setempat salah satunya melalui BUM Desa,

"Misalnya selama ini BUM Desa menjual produk masyarakat dengan kemasan sederhana kemudian dilakukan program inovasi dengan menyiapkan kemasan yang lebih baik sehingga ada nilai tambah dan dapat bersaing dipasar, kemudian dalam menunjang ekonomi desa yang produktif, desa dapat melaksanakan melalui inovasi pembangunan Infrastruktur ekonomi produktif yang nantinya dapat menghasilkan Pendapatan Asli Desa," jelas Erdila.

Mantan Pendamping Desa ini juga mengatakan bahwa penerapan Inovasi desa salah satu dimulai dari Bursa Inovasi Desa, nantinya Kepala Desa, BPD dan Tokoh Perempuan akan melihat Inovasi Desa yang telah berhasil, kemudian dapat di replikasi (ditiru,red) oleh Desa masing-masing dengan menandatangani Kartu Komitmen yang telah di sediakan pada acara BID tersebut, seterusnya akan di sampaikan ke Tim PID Kecamatan untuk dilanjutkan klarifikasi oleh Pokja PID tingkat Kabupaten yang termasuk dalam Tim Inovasi Kabupaten (TIK).

Lebih lanjut Erdila mengutarakan realisasi kegiatan juga telah di sediakan tenaga profesional melalui lembaga yang dikoordinir oleh Pokja Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD).

Untuk itu ia berharap Kepala Desa benar-benar berkomitmen merealisasikan Inovasi Desa 2020 yang telah disepakati melalui BID dan menetapkan dalam RKP Desa yang dituangkan pada APB Desa 2020.

"Semoga melalui BID, Kepala Desa di Kabupaten Bengkalis berkomitmen merealisasikan inovasi di Desanya sebagi salah satu langkah menuju desa sejahtera," harap Erdila, (AT)

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook