Meriahnya Pesta Kenduri Durian Di Desa Simpang Ayam, Bengkalis

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Sabtu, 03 Agustus 2019 - 18:34:26 WIB

Meriahnya Pesta Kenduri Durian Di Desa Simpang Ayam, Bengkalis

Teks foto : Event pesta kenduri durian di buka oleh Kapolres Bengkalis dengan di tandai membuka buah durian.

SIMPANG AYAM -- Komunitas Beranie Bengkalis melaksanakan event tahun yaitu pesta kenduri durian (Kendurian) yang berlangsung meriah. Kenapa kita sebut meriah, karena peserta kenduri durian ini ada yang datang dari luar Pulau Sumatera. Yaitu dari Pulau Jawa berasal dari Kota Jember.

Selain pesrta dari jember tadi ada juga peserta dari Kota Pekanbaru, Dumai dan Bengkalis sendiri. Pada pesta kenduri durian ini dihadiri oleh Bupati Bengkalis pada kesempatan itu di wakili Asisten Pemerintahan Hj Umi Kalsum, Kapolres Bengkalis Yusuf Rahmanto, Camat Bangkalis Ade Suwirman.

Selanjutnya, Kepala Desa Simpang Ayam Mujiono, Ketua Panitia Boyke, Kades Meskom Usman, Kades Sebauk Tamrin, Kades Pangkalan Batang Barat, Kades Pangkalan Batang, Kades Pematang Duku, Ketua BPD Simpang Ayam Zaidi dan tamu undangan yang hadir.

Kenduri duria merupakan event makan durian sepuasnya bagi peserta yang sudah mendaftar. Pada Kenduri Durian ini, bukan untuk makan durian saja, tetapi juga menyediakan Lempuk durian, kolak durian dan olahan durian lainnya. Selain menyediakan buah durian kami juaga menyediakan buah Manggis dan Rambutan.

Kami berharap pesta kenduri durian ini untuk bisa masuk pada kalender wisata tahunan di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis 

“Kendurian ini banyak peserta dari luar Bengkalis. Misalnya dari Dumai, Pekanbaru dan luar pulau Jawa. Kami bergarap Kenduri Durain masuk sebagai event tahunan di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Bengkalis. Karena didalamnya kita mengenalkan durian khas pulau Bengkalis dan olahan durian yang bisa di kenal kepihak keluar wilayah Bengkalis”, sebut ketua panitia Boyke.

Selanjutnya, pihak media menanyakan jumlah durian yang di sediakan oleh pihak panitia dan berasal dari  mana  saja semua durian untuk pesta durian ini.

“Untuk pesta durian ini, kami menyediakan sebanyak 800 buah durian dan buah durian berasal dari Desa Simpang Ayam dan sekitarnya”, terang Boyke

Selanjutnya, Kepala Desa Simpang Ayam Mujiono mengatakan ini adalah sesuatu kebanggaan bagi kami, karena di percayakan sebagai tuan rumah pesta kenduri durian tahun ini.

“Semoga di tahun depan kami masih di berikan kepercayakan lagi sebagai tuan rumah peserta kenduri durian ini”, harap Mujiono

Pada sambutan itu, Kapolres Bengkalis mengatakan buah durian Bengkalis ini sudah terkenal kemana-mana, seperti kota Pekanbaru, kota Dumai dan Duri.

“Semoga event-event seperti ini bisa dipertahankan dan berkelanjutan di tahun depan”, harap Kapolres Bengkalis Yusuf Rahmanto.

Selanjutnya, Kapolres Bengkalis mengingatkan juga kepada peserta kenduri durian untuk makan durian semampunya saja, nanti kalau banyak makan durian kita bisa mabuk durian. (AT)

 

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook