Memperingati Hari Bakau atau Mangrove Sedunia

Pemerintah Desa Kelapapti Tanam 300 Batang Pohon Bakau

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Senin, 29 Juli 2019 - 12:27:11 WIB

Pemerintah Desa Kelapapti Tanam 300 Batang Pohon Bakau

Penanaman pohon Bakau Secara Simbolis

KELAPAPATI – Dalam memperingati Hari Bakau atau Mangrove Sedunia, Pemerintah Desa Kelapapati melaksanakan penanaman Bakau di Daerah Kelapapati Laut yang menjadi tempat lokasinya di Parit Segagah.

Penanaman Bakau yang di hadiri oleh Kepala Desa Syaril, pada kesempatan itu di wakili oleh Dusun Barat Desa Kelapapati untuk membuka acara penanaman Bakau tersebut. Jumat (26/07/2019)

Selain Kepala Dusun Barat, hadir juga tiga Kepala Dusun yanga ada di Desa Kelapapati, Komunitas Mangrove Desa Kelapapati, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Riau serta siswa SMPN 4 Bengkalis.

Penanaman Bakau secara sembolis itu menanamkan Pohon Bakau sebanyak 300 batang. Jumlah bakau yang sudah di tanam sampai sekarang ini berjumlah 15 000 batang Pohon Bakau.

Penanaman pohon Bakau dilokasi Parit Segagah itu tidak memiliki Pohon Bakau. Dari pada itu kami laksanakan penanaman kembali pohon Bakau di situ.

“Kerena di situ banyak rawa-rawa Pohon bakau yang sangat cocok untuk ditanam Pohon Bakau sesuai dengan lokasi yang ada”, terang Solihin Kepala Dusun Barat.

Pada saat di wawancara Kepala Desa Kelapapati Dasril, Berharap kepada masyarakat desa Kelapapati ini untuk bisa mengetahui jenis-jenis hutan Bakau yang ada pada saat ini.

“Dari penanaman pohon Bakau yang berbagai jenis ini, Masyarakat bisa mengetahui jenis bakau yang tak salah saya ada lebih kurang 30 jenis pohon Bakau. Selanjutnya bakun saja masyarakat sekarang bisa mengenal macam jenis pohon Bakau tetapi dengan ada pohon bakau ini bisa juga anak cucu kita mengenalnya”, harap Dasril saat di temui di Ruang kerjanya. Senin (29/07/19)

Pohon Bakau ini sangat banyak manfaatnya, salah satu untuk ekosistem binatang yang laut, mualai dari Ikan, Udang, Kerang, Lokan dan banyak lagi.

“Bukan saja untuk ekosistem binatang laut, tetapi untuk penangkal abrasi pantai dan juga untuk ekonomi serta tempat wisata”, terang Dasril.

Pada kesempatan itu, Dasril menghimbau kepada masyarakat Desa Kelapapati Khususnya dan umumnya masyarakat Kecamatan Bengkalis untuk tidak menebang sembarangan pohon Bakau yang ada di Desa Kelapapati khususnya Kelapapti laut.(AT)

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook