Pemprov Komit Kembangkan Ekonomi Desa di Riau

Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Jumat, 05 Juli 2019 - 16:04:00 WIB

Pemprov Komit Kembangkan Ekonomi Desa di Riau

PEKANBARU -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tetap berkomitmen mengembangkan ekonomi masyarakat melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Komitmen itu juga sejalan dengan upaya pemerintah pusat membangun kekuatan ekonomi nasional melalui kemandirian ekonomi daerah dan desa. 

"Sebagai salah satu pilar kekuatan ekonomi di desa, BUMdes berfungsi sebagai lembaga sosial dan komersial. BUMDesa sebagai lembaga sosial harus berpihak kepada kepentingan masyarakat melalui kontribusinya dalam penyediaan pelayanan sosial," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Riau, Syarifuddin AR, Jumat (5/7/19). 

Hal ini sesuai dengan tujuan pendirian sebuah BUM Desa pada umumnya. Yakni, meningkatkan perekonomian desa. Kemudian meningkatkan pendapatan asli desa, meningkatkan pengelolaan potensi desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Selain itu, BUMDes juga telah menjadi tulang punggung pertumbuhan dan pemerataan ekonomi desa. 

Menyadari pentingnya peran BUMDesa dalam meningkatkan ekonomi. Maka Pemprov Riau menjadikan Bumdes sebagai salah satu prioritas dalam sasaran pemberian bantuan keuangan kepada desa tahun 2019 ini. 

Bahkan diharapkan ke depan unit usaha BUMDesa tidak hanya unit usaha simpan pinjam saja. Tapi juga memiliki unit usaha produktif dengan memaksimalkan pengelolaan dan pengolahan potensi sumber daya alam perdesaan, wisata desa, industri kreatif rumah tangga dan sektor ekonomi desa lainnya. 

"Pak Gubernur ingin nantinya unit usaha BUMDesa tidak hanya satu unit usaha simpan pinjam saja. Tapi juga ada usaha produktif dengan memaksimalkan pengelolaan dan pengolahan potensi sumber daya alam pedesaan," ungkap Syarifuddin. 

Disisi lain, PMD Riau sendiri sebelumnya telah menggelar kegiatan Pembinaan dan Pengawasan (Binwas) Pengelola BUMDes se Riau di Hotel Furaya Pekanbaru. Hadir pada kesempatan itu, Direktur PUED Kemendesa Bapak FX Nugroho Setijo Negoro. Kepala Subbagian Edukasi dan Perlindungan Konsumen Kantor OJK Provinsi Riau Erwin Setiadi, DR Ahmad Rivai, Ketua Forum BUMDes Nasional Provinsi Riau Neneng Salmiah, praktisi BUMDesa Junaidi, dosen ekonomi unri machasin, perwakilan Balatmasy Kemendes PDTT Pekanbaru.*(mok/AT)

Sumber : Riauterkini.com

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook