Sigap Atasi Bencana, Desa Batang Duku Taja Pelatihan Masyarakat Peduli Bencana

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Kamis, 04 Juli 2019 - 14:21:26 WIB

Sigap Atasi Bencana, Desa Batang Duku Taja Pelatihan Masyarakat Peduli Bencana

Ilustrasi/Net

BUKITBATU -- Kepala Desa Batang Duku Sapri, Spd.i membuka secara resmi Pelatihan/Penyuluhan Masyarakat Peduli Bencana (MPB) di Desa Batang Duku Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis, Rabu (3/7/2019).

Dalam pelatihan ini tiga narasunber didatangkan, yakni; Erzan Syah dari Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Bengkalis, Syamsurizal dari UPT Dinas Damkar Kabupaten Bengkalis, dan dari Pihak Kepolisian Babinkamtibmas Kecamatan Bukit Batu Brigadir Rici Sagita.

Kepala Desa Batang Duku Sapri mengatakan bahwa, Masyarakat Peduli Api (MPA) sudah berubah menjadi Masyarakat Peduli Bencana (MPB). ” Hal ini dikarenakan bencana tidak hanya api, bisa juga terjadi banjir dan bencana lainnya,” ungkapnya.

Pelatihan ini dilakukan agar setiap elemen, baik lembaga maupun masyarakat terkhususnya Masyarakat Peduli Bencana lebih siap jika terjadinya bencana. Dan lebih antusias mengatasi agar tidak terjadinya bencana seperti kebakaran hutan ataupun banjir.

Badan Penanggulangan Daerah di Bidang Rehabiltas dan Rekonstruksi Erzan Syah juga menyampaikan, kebakaran hutan dan lahan sembilan pulah persen diakibatkan ulah manusia, dan sepuluh persen gejala alam.

“Kebakaran hutan dan lahan terjadi cendrung dikarenakan kelalaian manusia itu sendiri. Untuk itu perlu kesadaran masyarakat kita untuk tidak sembarangan melakukan aktifitas dengan cara membakar seperti lahan kebun,” jelas Erzan Syah.

Dikatakan lagi Erzan Syah, setiap desa harus punya peta dimana hutan yang rawan dengan kebakaran, agar lebih sigap dalam menangani bencana yang tidak kita ingini. Kelalaian dan rasa tidak bertanggung jawab terjadinya kebakaran hutan akan mempunyai dampak kerugian yang besar untuk kita semua.

“Untuk itu jangan ada lagi masyarakat membakar hutan sembarangan. Mari kita saling peduli jika terjadi bencana, dan saling mengatasi agar tidak terjadinya bencana,” jelas Erzan.

Turut hadir pada pelatihan ini, Kepala Desa Batang Duku Sapri, Badan Penanggulangan Daerah Kabupaten Bengkalis , Erzan Syah, UPT Dinas Damkar, Syamsurizal, Ketua BPD, Ketua LAMR, Mahasiswa KKN dan seluruh lembaga Desa Batang Duku dan masyarakat setempat. (RK4/AT)

Sumber : RiauKepri.com

 

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

Komentar

Komentar Facebook