Berkat Instruksi Bupati Amril Mukminin

Pelayanan Penyeberangan Tanjung Kapal-Dumai Akan Diganti KMP yang Lebih Besar

Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Jumat, 15 Maret 2019 - 11:34:22 WIB

Pelayanan Penyeberangan Tanjung Kapal-Dumai Akan Diganti KMP yang Lebih Besar

Teks foto: KM Muria saat berangkat dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam menuju Dumai, Jumat, 15 Maret 2019, sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi.

BENGKALIS -- Meskipun tak terpublikasi luas, Bupati Bengkalis Amril Mukminin ternyata juga sangat prihatin atas tak optimalnya kualitas angkutan penyeberangan yang melayani masyarakatnya dari pulau Rupat (Tanjung Kapal) ke Kota Dumai.

Keprihatinan itu bukan hanya didasari terhambatnya mobilitas orang. Namun lebih dari itu, yakni terhambatnya mobilitas barang dan jasa yang dapat mengganggu roda perekonomian masyarakat. Khususnya di pulau Rupat yang terus tumbuh dan berkembang.

Untuk itu, mantan Kepala Desa Muara Basung Kecamatan Pinggir ini menginstruksikan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Djoko Edy Imhar berkoordinasi dengan berbagai pihak agar persoalan tersebut di atasi.

Atas instruksi Bupati Amril Mukminin itu, Kadishub langsung bergerak cepat. Yakni, meminta PT ASDP Indonesia Ferry mengganti KMP Kakap (230 GT) yang hanya mampu menyeberangkan 70 orang dan 12 kendaran campuran dengan yang kapasitasnya lebih besar.

Alhamdulillah, instruksi Bupati Amril Mukminin tersebut membuahkan hasil. Berkat koordinasi dengan Dishub Provinsi Riau dan didorong DPRD Bengkalis, KMP Kakap tersebut akan segera diganti PT ASDP Indonesia Ferry dengan KMP Muria (465 GT).

“Hari ini (Jumat, 15 Maret 2019), sekitar pukul 06.00 WIB pagi tadi KM Muria diberangkatkan dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam menuju Dumai. Insya Allah, besok KM Muria sudah tiba di Dumai,” jelas Djoko Edy Imhar, sekitar 15 menit lalu melalui sambungan telepon dari Batam.

Dijelaskannya, kemampuan angkut KM Muria untuk orang 3 kali lipat dibandingkan KM Kakap. Jika KMP Kakap hanya 70 penumpang, KM Muria sebanyak 250 seat (tempat duduk.

“Sedangkan untuk kendaraan, jika KMP Kakap hanya 12 unit kendaraan campuran, KMP Muria 2 kali lipatnya. 25 kendaraan campuran,” imbuh Djoko Edy Imhar yang langsung menyaksikan keberangkatan KM Muria dari Pelabuhan Telaga Punggur Batam tadi pagi.

Sementara ketika ditanya kapan KMP Muria akan dioperasikan, mantan Camat Mandau ini mengatakan, secepatnya.

“Sesuai harapan Bupati Bengkalis, segera. Setelah selesai dilakukan ramp check oleh pihak terkait, maka KMP Muria akan segera dioperasikan untuk melayani penyeberangan di lintasan Dumai-Tanjung Kapal (Rupat),” kata Djoko Edy Imhar.

Masih menurut Djoko Edy Imhar, dengan adanya pergantian KMP Kakap dengan KMP Muria ini, apa yang dikeluhkan masyarakat selama ini teratasi dan kualitas pelayanan penyeberangan di lintas Tanjung Kapal-Dumai tersebut semakin baik.

“Bupati Bengkalis juga menghimbau agar perusahaan pelayaran selaku operator (PT ASDP Indonesia Ferry dan PT Jembatan Nusantara), Dishub Provinsi Riau dan Kabupaten Bengkalis serta KSOP tetap mengedepankan aspek keamanan, kenyamanan dan keselamatan penumpang.

“Selain tetap mengedepankan aspek keamanan dan kenyamanan dalam pemberian pelayanan penyeberangan, juga harus mampu menjamin keselamatan para pengguna jasa penyeberangan. Begitu juga kebersihannya, harus juga selalu dijaga, biar penggunanya nyaman” ujar Djoko Edy Imhar, meneruskan harapan Bupati Amril Mukminin.

Sekedar informasi, dalam mengurus pergantian KMP Kakap dengan KMP Muria di Batam, Kadishub Djoko Edy Imhar tak sendirian. Tapi bersama Yasril, Kepala UPT Prasarana Perhubungan LLAJSDP Dishub Provinsi Riau. (DISKOMINFOTIK/AT)

 

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook