Petugas di TPS akan Diajari Secara Khusus Cara Menghitung Surat Suara

Oleh: redaksi Politik | Kamis, 24 Januari 2019 - 12:08:22 WIB

Petugas di TPS akan Diajari Secara Khusus Cara Menghitung Surat Suara

Ilustrasi/Net

PEKANBARU -- Komisioner KPU Riau, Abdul Hamid, mengatakan akan ada bimbingan khusus untuk petugas yang akan menghitung surat suara Pemilu 2019 nanti.

Ketua bidang teknis KPU Riau ini mengatakan, sistem penghitungan surat suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sendiri akan dimulai dengan surat suara tingkat pusat. Artinya, yang akan diutamakan adalah surat suara pemilihan presiden, DPR RI, dan DPR RI, baru setelahnya menyusul DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten.

"Jadi memang ada bimbingan teknis khusus untuk penghitungan surat suara nanti. Ada lima (surat suara yang akan dihitung), ada presiden, DPR RI, DPD RI, DPRD provinsi, dan DPRD Kabupaten," kata Hamid.

Bimtek dilakukan karena pihaknya memperkirakan penghitungan surat suara di TPS yang akan berlangsung lama. Jika dimulai siang 17 April 2019, maka diperkirakan akan selesai pada pukul 3 dinihari 18 April 2019.

Kemudian, setelah penghitungan di TPS selesai, maka surat suara akan dikirimkan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Di tingkat PPK, akan ada perekapan dari semua TPS di wilayah kecamatan tersebut.

"Proses ini tentu membutuhkan SDM yang kuat, karena ini cukup rawan. Nanti akan kita adakan bimbingan teknis secara nasional," cakapnya.(Yonela)

Sumber : CAKAPLAH.com.

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook