10 Tahun Menganggur, Pengolahan Air Bersih Bantan, Bengkalis Siap Difungsikan

Oleh: redaksi Pemerintahan Daerah | Jumat, 04 Januari 2019 - 11:59:14 WIB

10 Tahun Menganggur, Pengolahan Air Bersih Bantan, Bengkalis Siap Difungsikan

Teks foto : Direktur PDAM Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis, Jufrizal, SE meninjau persiapan pengoperasian PDAM Bantan beberapa waktu lalu.

BENGKALIS -- Fasilitas pengolahan air bersih milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berada di Jalan Lapis Desa Resam Lapis (pemekaran Desa Selatbaru), Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis masih menganggur begitu saja. 


Namun, berdiri di atas lahan sekitar tiga hektar, infrastruktur selesai dibangun sejak 2008 silam atau sekitar 10 tahun lalu itu segera dioperasikan untuk memenuhi keperluan masyarakat setempat.  

Kondisi fisik bangunan sempat rusak parah, lapuk, besi-besi berkarat, hanya ditumbuhi semak belukar, kini sudah dan sedang dilakukan perbaikan serta pembenahan oleh PDAM Kabupaten Bengkalis. 

Direktur PDAM Tirta Terubuk Kabupaten Bengkalis, Jufrizal, SE mengatakan, rencana untuk segera dioperasikannya PDAM Bantan tersebut, bahwa pihaknya sudah melakukan peninjauan, pembenahan sejumlah fasilitas yang ada seperti waduk dan instalasi pengolahan airnya (IPA). 

"Kita sudah lakukan peninjauan listrik tidak ada masalah, insyaa Alloh dalam bulan depan sudah beroperasi," ujar Jufrizal kepada sejumlah wartawan, Kamis (3/1/19) kemarin. 

Dijelaskan Jufrizal, bahwa untuk pengoperasian PDAM Bantan ini, dirinya juga sudah menerbitkan Surat Keputusan (SK) pembentukan operasional unit. 

Untuk di Unit PDAM Bantan ini, menurutnya sudah ada 400 calon pelanggan yang sudah dipasang sambungan rumah (SR). Pihaknya akan mendata kembali, apakah mereka tetap mau jadi pelanggan atau tidak. 

"Kita akan memberikan kemudahan kepada pelanggan yang sudah ada. Misalnya tidak dikenakan biaya sambung baru, cuma bayar rekening saja nantinya, kalau masalah kebijakan denda akan kita hapus tetapi kebijakan ini akan kita batasi waktunya," terang Jufrizal. 

Untuk sumber air baku, pria berkumis ini juga menyampaikan, sambil berjalan tetap dilakukan pembenahan termasuk antisipasi masuknya air laut. 

"Alhamdulillah, karena dukungan Pemerintah Daerah terutama melalui Kepala Bidang Cipta karya semua bisa berjalan dengan lancar," imbuhnya.***(dik/AT) 

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook