Warga Laporkan Banyak Ikan Mati dan Air Bau Busuk

Oleh: redaksi Advertorial DPRD Siak | Kamis, 29 November 2018 - 16:01:42 WIB

Warga Laporkan Banyak Ikan Mati dan Air Bau Busuk

Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Siak Indra Gunawan. SE
 
SIAK, Prodesanews.com - Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLH) Siak turun ke lapangan dan mengambil sampel air terkait adanya dugaan pencemaran limbah di sungai Siak.
 
Namun saat terjun ke lokasi, tim DLH tidak menemukan indikasi pencemaran. Karena air sungai tidak keruh, tidak berbau busuk dan tidak ada ikan mati.
 
"Kita hari ini turun mengecek langsung air Sungai ini. Kalau melihat airnya, normal. Seperti air sungai biasa. Baunya juga tidak busuk, dan ikannya tak ada yang mati," kata Kabid Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup (P2KLH) Ardayani, saat meninjau ke Pelabuhan Kampung Rempak, Kecamatan Sabak Auh, Siak Riau, Rabu (28/11/18).
 
Namun demikian, ia tetap mengambil sampel air untuk diuji ke laboratorium, apa yang menjadi sumber banyaknya ikan yang mati sepekan ini sebagaimana yang dilaporkan masyarakat.
 
"Kita tunggu 2 atau 3 hari ke depan, kita lihat seperti apa airnya. Karena air ini bisa berubah-ubah," kata Arda.
 
Dari informasi yang dihimpun, tidak hanya disekitaran Sabak Auh saja, di daerah pelabuhan Lasdap Siak warga melaporkan bahwa banyak ikan mati di daerah tersebut. Selain itu di kawasan Buatan II, Kecamatan Koto Gasib, juga dilaporkan warga banyak ikan yang mati.
 
Kondisi mendapat perhatian Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Siak, Indra Gunawan. Ia mengatakan, kondisi ini harus ditanggapi dengan serius oleh Pemkab Siak. Pasalnya sudah banyak terlihat ikan yang mati dan masyarakat juga mengadukan bahwa air mulai sungai berbau busuk.
 
"Ini harus ditangani dengan cepat, jangan ada pihak yang dirugikan. Kalau sudah banyak ikan yang mati, air sungai juga tercemar tentunya ini bukan hal yang biasa ini sudah luar biasa," kata Indra, Kamis (29/11/2018).(Mr.j)
 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook