Rohil Tingkatkan Anak Bangsa Bebas Dari Campak

Bupati Himbau Masyarakat Bawa Anak Ke Pos Terdekat

Oleh: redaksi Berita Rohil | Minggu, 20 November 2016 - 14:45:59 WIB

Bupati Himbau Masyarakat Bawa Anak Ke Pos Terdekat

ADVERTORIAL ROHIL

BAGANSIAPIAPI -- Pencanangan Imunisasi Nasioanl (PIN) Polio yang belum lama ini dilakukan serentak se-Indonesia, mendapat sambutan antusias yang luar biasa oleh masyarakat Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), hal tersebut menunjukkan kesadaran masyarakat untuk kesehatan sangat baik.

 

 Sejalan dengan program Pemkab Rohil yang saat ini sangat menggalakan agar masyarakat membawa anaknya untuk di imunisasi polio. Melihat dampak imunisasi polio sangat baik untuk kesehatan, kekebalan tubuh pada anak-anak.

“Tentunya dari sekarang harus kita berikan bimbingan kesehatanya agar nanti mereka bisa tumbuh kembang menjadi anak yang cerdas dan pintar,” Ungkap Bupati Rohil, H Suyatno Amp beberapa waktu lalu.

Lebih lanjut Bupati menjelaskan bahwa Pemkab Rohil telah menyiapkan lebih kurang 562 tempat pelayanan dan 67.463 yang akan diberikan kepada anak-anak nantinya.

“Tentu saja, kedepan bagi masyarakat yang belum datang ke Pukesmas, silahkan datang saja ke pukesmas, Pustu atau posyandu yang terdekat, nanti akan diberikan pelayanan imunisasi kepada anak kita yang membutuhkan, kita menargetkan pemberian vaksin semaksimal mungkin, hal ini dalam upaya Rohil bebas anak dari campak," Jelas Bupati.

 

Bupati menghimbau kepada Masyarakat Rohil agar memanfaatkan imunisasi nasional secara gratis ini disetiap daerah agar anak-anak terhindar dari campak, dan untuk segera membawa ke Pos Pin terdekat supaya mendapatkan imunisasi polio.

"Kepada masyarakat, saya berharap agar membawa anak-anaknya ke Pukesmas, Pustu atau Posyandu sesuai dengan wilayahnya masing-masing," Terang Bupati

Dalam Pelaksanaan Imunisasi Nasional, pemberian vaksin polio serentak pada balita di Kabupaten Rohil saat ini sudah mencapai 75 pesen dari yang di targetkan. Rohil sendiri menargetkan sekitar 67.450 balita sasaran yang akan di imunisasi.

"Sampai hari ini laporan pelaksanaan pencanangan PIN  yang kita terima mencapai 75 persen balita yang sudah di berikan tetes vaksin polio dari target 67.450 balita yang ada di Rokan Hilir." kata Bupati.

Beliau melanjutkan, sesuai dengan rencana pemerintah, apabila setelah sepekan pelaksanaan PIN Polio belum mencapai target, Pemkab Rohil akan melakukan sweeping ke daerah - daerah terpencil melalui petugas kesehatan yang di tempatkan pada 565 Pos PIN yang sudah tersebar di seluruh Rohil.

 

"Untuk itu kita mengharapkan agar para ibu menyadari betapa pentingnya pemberian tetes vaksin polio ini bagi kesehatan balita mereka. Tapi bisa saja sebagian para ibu yang punya anak balita di daerah terpencil tidak mengetahui atau tidak memperoleh informasi tentang pemberian vaksin polio gratis secara serentak ini. Makanya kita nanti akan melakukan sweeping sampai targetnya tercapai." jelas Bupati.

Untuk pemberian vaksinasi campak, Bupati menjelaskan dibeberapa puskesmas yang berada di Rohil sudah mencapai 30 persen.

"Alhamdulillah sejauh ini pemberian vaksinasi campak dibeberapa puskesmas yang ada dirohil telah mencapai 30 persen. Dengan pencapaian yang baik ini tentunya kita optimis hingga hari terakhir pelaksanaan Program campak ini bisa mencapai 95 persen," Kata Bupati lagi.

Dikatakan Bupati, Sasaran dalam program campak ini adalah bayi dan anak berusia 9 bulan hingga 59 bulan dengan target sebanyak 66.000 anak dengan jumlah Pos pelayanan lebih kurang sebanyak 200 Pos yang tersebar di 18 kecamatan di Rohil.

"Hingga saat ini pelaksanaannya tidak ada kendala dan semuanya berjalan dengan baik. Masyarakat juga sangat antusias dan antri membawa anaknya untuk mendapatkan vaksinasi tersebut," Ujarnya.

Terkait adanya peredaran vaksin palsu itu katanya hanyalah dikota-kota besar. Bupati mengungkapkan rohil saat ini aman dan tidak ada vaksin tersebut beredar, karena vaksin yang di distribusikan disetiap puskesmas dan posyandu bukanlah vaksin yang dibeli dari Apotik atau tempat lain, melainkan langsung dari kementrian kesehatan (kemenkes) melalui Diskes Propinsi Riau yang berstandar Nasional Indonesia (SNI).

Dijelaskannya lagi, Vaksin Imunisasi campak yang disalurkan oleh kemenkes RI bermerek biofarma, dimana kemenkes telah melakukan kerjasama dengan biofarma dengan kualitas obat atau vaksin berlabel SNI.

“Nah, obat atau vaksin itulah yang kita salurkan ke 200 Posyandu yang ada dirohil. Jadi masyarakat tidak usah khawatir untuk membawa anaknya keposyandu dalam mendapatkan vaksinasi campak ini," ungkapnya.

Ia juga menghimbau kepada masyarakat Rohil ikut mensukseskan crash program campak tersebut dengan mendatangi pos pelayanan kesehatan terdekat agar anak-anak terhindar dari penyakit berbahaya ini.

“Dengan datang keposyandu maka kita telah ikut membantu pemerintah khususnya dalam menurunkan angka kematian bayi dan balita," pungkasnya.

Sementara itu Hj. Netty Juliana, Kapus Panipahan mengatakakn dalam pelaksanaan vaksin di setiap kecamatan, pemberian Vaksin Imunisasi polio di kecamatan Pasir Limau Kapas (Palika) Kabupaten Rokan Hilir telah melewati dari yang ditargetkan oleh Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Panipahan.

"Ini sangat luar biasa, ternyata masyarakat kita sudah tinggi kesadaran akan pentingnya kesehatan bagi buah hatinya. Ini tentunya juga tidak terlepas dari peran tenaga medis dan lainnya yang telah mensosialisasikan pentingnya pemberian vaksin imunisasi polio kepada anak," Ujar Netty Juliana beberapa waktu lalu.

Ia juga memberikan apresiasi kepada petugas kesehatan dan kader posyandu yang sebelumnya telah melakukan sosialisasi sampai ke pelosok-pelosok desa serta sekolah PAUD.

"Kita telah menyambangi perumahan warga, kalau untuk anak sekolah di bawah 5 tahun kita menyambangi PAUD yang ada di Palika," katanya.

Keberhasilan ini menurut Netty dikarenakan pihaknya setiap hari membagi tim kerja sweeping dan memantau kerja para staf di lapangan.

"Ini keberhasilan yang sangat luar biasa, saya mengucapkan terima kasih kepada petugas yang telah terlibat langsung dalam pemberian vaksin imunisasi polio ini tanpa mengenal lelah," pungkasnya.

(adv/hms/koy)

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:prodesanews@gmail.com

0 Komentar

Tulis Komentar

Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu. Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.

Komentar Facebook