Pemdes Pancurjaya Gelar Pelatihan Penyusunan RPJM Desa Dan RKP Desa

Oleh: redaksi Desa dan Kelurahan | Kamis, 01 Desember 2016 - 17:12:09 WIB

Pemdes Pancurjaya Gelar Pelatihan Penyusunan RPJM Desa Dan RKP Desa

RUPAT -- Pemerintah Desa (Pemdes) Pancurjaya menggelar pelatihan penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJM Des) dan Rencana Kerja Pemerintahan Desa (RKP Des). Acara berlangsung di Aula kantor Desa Pancurjaya, Kamis (1/12/16) pagi.

Pantauan Wartawan Prodesanews, turut hadir Pj kades Pancurjaya Enrawan ,SP, Sekretaris desa, Marwan,PD P3MD, Mulia alamsyah H ST, Efendi SPd ,PLD P3MD Jamil SPd, Narasumber Eko prasetia, BPD, LPM dan tamu undangan lainnya.

“Perencanaan pembangunan desa disusun secara berjangka yaitu Rencana Pembangunan Jangka Menengah enam tahun, dan Rencana Pembangunan Tahunan Desa atau Rencana Kerja Pembangunan Desa (RKPDes) yang merupakan penjabaran dari RPJM jangka waktu satu tahun,” Tutur Enrawan saat membuka pelatihan bagi aparatur pemerintahan desa.

Menurutnya, RPJMDes atau RKPDes ditetapkan dengan peraturan desa dan merupakan pedoman dalam penyusunan anggaran pendapatan dan belanja (APB) desa.

"Selain itu RPJM dan RKP desa merupakan satu-satunya dokumen perencanaan desa," tambahnya. 

Enrawan mengatakan, Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa memberikan penguatan yang mendasar terhadap pembangunan desa, khususnya perencanana pembangunan.

Dengan diterbitkannya UU nomor 6 tahun 2014, maka perencanaan pembangunan desa menjadi salah satu perhatian penting untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Ia menjelaskan, penguatan desa atau negeri melalui perencanaan yang komprehensif dan terpadu dengan menyusun RPJM dan RKP desa, memerlukan kesiapan dari aparatur dan seluruh masyarakat.

Diakuinya, tantangan utama dalam perencanaan pembangunan desa, salah satunya adalah kesiapan dan kapasitas sumber daya aparatur desa untuk menyusun RPJM yang berkualitas.

lanjutnya, Pemdes Pancur Jaya di tahun 2016 berupaya meningkatkan kapasitas aparatur pemerintah melalui pelatihan penyusunan RPJM Des dan RKP Des.

"Melalui pelatihan RPJM dan RKP Desa diharapkan akan terbangun kesepahaman wawasan untuk perencanaan pembangunan desa yang berkualitas,"jelasnya.

Enrawan menambahkan, kegiatan ini merupakan langkah awal dalam membentuk pemahaman dasar penyusunan RPJM desa, sehingga diharapkan terbangun kerja sama dan tanggung jawab bersama.

(Budi/Aa)

 

  Print Berita

Redaksi menerima kiriman berita dan foto. Bagi yang berminat silahkan kirim berita dan foto Anda ke email:[email protected]

Komentar

Komentar Facebook