Menu

Mode Gelap

Budaya · 27 Apr 2023 22:11 WIB ·

Disparbudpora Gelar Seleksi Pemuda Pelopor 2023, 12 Pemuda Ikut Serta


 Sekretaris Disparbudpora Reza Noverindra tengah bersama peserta serta tim seleksi Pemuda Pelopor 2023 Perbesar

Sekretaris Disparbudpora Reza Noverindra tengah bersama peserta serta tim seleksi Pemuda Pelopor 2023

BENGKALIS,PRODESANEWS.COM – Upaya Pemerintah Kabupaten Bengkalis dalam rangka mengembangkan potensi pemuda di tunjukkan dengan mengadakan program Pemuda Pelopor 2023, sebanyak 12 orang pemuda yang berasal dari seluruh Kecamatan yang ada di Bengkalis mengikuti Seleksi Pemuda Pelopor tahun 2023, seleksi dipusatkan di Aula pertemuan kantor dinas pariwisata Pemuda dan olah raga, Kamis, (27/04/2023).

Seleksi Pemuda Pelopor Kabupaten Bengkalis merupakan kegiatan perdana yang dilaksanakan oleh Bidang Kepemudaan Disparbudpora pada tahun ini, juga menjadi hal yang paling ditunggu-tunggu oleh Pemuda Bengkalis untuk ikut andil dalam perubahan di Bengkalis, Seleksi dilakukan dalam rangka memilih putra-putri terbaik yang memiliki potensi dan berpeluang untuk dikembangkan sehingga dengan potensi tersebut dapat mengharumkan nama daerah.

Selain itu, Pemuda pelopor merupakan pemuda yang kelak diharapkan menjadi rul model bagi pemuda lainnya sehingga menarik simpati serta mendorong semangat pemuda dalam rangka mengembangkan potensi serta menaikkan citra pemuda sebagai generasi penerus bangsa.
Seleksi di ikuti oleh perwakilan sejumlah pemuda dari setiap kecamatan di kabupaten bengkalis, untuk mengikuti tahapan seleksi dimulai dengan melengkapi proses administrasi hingga mengikuti beberapa ketentuan berdasarkan aturan tim seleksi.
Diantara sub bidang yang menjadi materi seleksi yaitu berkaitan dengan Pendidikan, keahlian serta motivasi, seleksi dilakukan oleh tim seleksi yang berasal dari para pakar serta professional dari kalangan akademisi dan professional.

Sebelum dilakukan seleksi Pemuda Pelopor, acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia raya serta dibuka dengan pembacaan doa serta dilanjutkan dengan kata sambutan oleh kepala Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga (Parbudpora).
Kadis Parbudpora Edi Sakura, Diwakili Sekretaris Disparbudpora Reza Noverindra dalam sambutannya mengungkapkan rasa bangga atas semangat dan antusiasme peserta untuk berani mendaftarkan diri dalam mengikuti seleksi Pemuda Pelopor yang di taja oleh Disparbudpora Bengkalis, menurut Reza beraninya peserta mengikuti seleksi adalah bentuk kepercayaan diri untuk menunjukkan potensi yang dimiliki guna berpartisipasi serta kepedulian terhadap lingkungan dan kecerdasan generasi baru.

Reza Noverendra

“Saya turut bangga dengan diadakannya acara ini. Karena dengan kegiatan ini, banyak bermunculan pemuda yang punya potensi dan peduli terhadap lingkungan dan kecerdasan generasi baru”. Ungkap Reza.

Baca Juga:  Kapolres Bengkalis Bersama BPBD Serta Satgas Gabungan Lakukan Pemantauan di Lokasi Banjir Kecamatan Siak Kecil

Dalam kesempatan tersebut mantan camat Bengkalis itu juga mengingatkan, pemuda saat ini sedang di uji melalui berbagai keadaan yang dapat menghanyutkan pemuda, diantara baha tersebut adalah maraknya peredaran narkoba, pergaulan bebas, serta gem online yang jika pemuda tidak siap serta memfilterdiri terhadap hal-hal negative tersebut maka pemuda akan telena dan pada akhirnya terlempar dari cita-cita dan tujuan, oleh karena itu oleh karena itu sebuah tantangan yang dihadapi pemuda saat ini selain pemuda harus selalu mengasah potensi yang dimiliki pemuda juga harus selalu waspada.

“Tentunya tantangan yang dihadapi pemuda saat ini sangatlah komlet, selain pemuda harus bisa bersaing ditengah persaingan global yaitu selalu mengembangkan potensi dirinya, pemuda juga harus menyadari bahwa hal-hal negative yang dapat merusak cita-cita pemuda juga harus selalu diwaspadai agar pemuda selalu dalam garis lurus,” ujarnya.

Melalui kegiatan seleksi pemuda Pelopor, ada pesan tersirat yang ditujukan kepada seluruh pemuda, itu menyerukan agar pemuda dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya serta bermanfaat bagi masyarakat bangsa dan negara.
Selanjutnya Reza Noverindra juga berpesan kepada seluruh peserta. Jadikan ini semua langkah awal untuk berbuat lebih dari sebelumnya. Bagi pemenang terus memperbaiki diri dan rendah hati, bagi yang belum menang Jagan sampai berhenti untuk berkontribusi.

“Saya berharap bagi seluruh peserta terus berkembang dan berperan, bagi pemenang terus belajar dan rendah hati, bagi yang belum menang terus belajar dan jangan sampai berhenti untuk berkontribusi”. Pesan Reza.

Sementara itu, salah seorang peserta dalam suatu kesempatan menyampaikan kesan dan pesan selama mengikuti kegitan seleksi Pemuda Pelopor 2023 yang di taja oleh Disparbudpora, menurutnya mengiuti seleksii Pemuda Pelopor 2023 dapat meningkatkan motivasi serta kepercayaan diri menjadi yang lebih baik, selain itu seleksi junga menggali potensi terpendam yang dimiki pemuda untuk dapat di bangkitkan dalam kehidupan nyata.

Tim seleksi Pemuda Pelopor

“mengikuti kegitan seleksi Pemuda Pelopor 2023 yang di taja dinas Parbudpora tentunya dapat membangkitkan motivasi diri untuk menjadii yang lebih baik,” ujar tono.
Melalui kegiatan seleksi Pemuda Pelopor 2023 ini Tono berharap seleksi Pemuda Pelopor dapat diadakan setiap tahunnya oleh dinas Parbudpora.

Baca Juga:  HUT AMPG Ke-20, Bagikan Ratusan Nasi Kotak ke Korban Banjir

“tentunya kami berharap karna bagusnya kegiatan ini tentunya untuk kedepannya bisa tetap diadakan,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 27 – 29 April 2023. Yang dilaksanakan di Kantor Disparbudpora Kabupaten Bengkalis.

Artikel ini telah dibaca 53 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Diduga Arus Pendek, Rumah Suhaimi Warga Sungai Batang Ludes Dilalap Jago Merah Saat Buka Puasa

14 Maret 2024 - 15:07 WIB

Sambut Ramadhan 1445 H, Pemko Pekanbaru Gelar Event Petang Belimau

11 Maret 2024 - 09:15 WIB

Turap Pantai Wisata Selatbaru Rusak, Bersama Aparat Pusdalops-PB BPBD Lakukan Pengecekan

7 Februari 2024 - 19:16 WIB

Titik Api Muncul Dihutan Belukar Desa Sepahat, BPBD Berhasil Padamkan Api

30 Januari 2024 - 14:52 WIB

Menparekraf Luncurkan 110 Kharisma Event Nusantara 2024, 6 Diantaranya dari Riau

28 Januari 2024 - 08:47 WIB

Jalan Lintas Riau-Sumbar Kembali Longsor, Kalaksa BPBD Riau Imbau Masyarakat Waspada Lakukan Perjalanan

26 Januari 2024 - 11:42 WIB

Trending di Peristiwa