Menu

Mode Gelap

Pendidikan · 1 Mar 2023 07:20 WIB ·

Kadis Persip Resmikan Perpustakaan Ibnu Sina SMU 1 Bengkalis


 Kadis Persip H Suwarto bersama Kepala Sekolah SMU Satu Muhammad Nur serta guru melakukan Peresmian Perpustakaan Ibnu Sina Perbesar

Kadis Persip H Suwarto bersama Kepala Sekolah SMU Satu Muhammad Nur serta guru melakukan Peresmian Perpustakaan Ibnu Sina

PRODESANEWS.COM.Bengkalis- Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Tuan Guru Haji Ahmad Kabupaten Bengkalis, Dr. H. Suwarto, S.Pd, M.Pd didampingi Kabid Pelayanan Dipersip Bengkalis beserta Pustakawan Dipersip Bengkalis, melakukan Peresmian Perpustakaan Ibnu Sina SMAN 1 Bengkalis, Rabu (1/3/2023).

Kehadiran Kadispersip bersama rombongan disambut hangat Kepala SMAN 1 Bengkalis, Muhammad Nur S.Pd didampingi Dra Salbiah M.Pd Kepala Perpustakaan Ibnu Sina SMAN 1 Bengkalis, Pengawas SMAN 1 Drs Baharuddin, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas serta perwakilan dari siswa SMAN 1 Bengkalis.

Peresmian perpustakaan Ibnu Sina SMU 1 Bengkalis ditandai dengan kegiatan pemotongan pita serta penandatangan prasasti menandakan perpustakaan Ibnu Sina sudah resmi di manfaatkan, dalam kegiatan penandatanganan tersebut tampak kadis Perpustakaan dan kearsiapan H Suwarto Bersama kepala sekolah SMUI Muhammad Nur didampingi sejumlah guru melaksanakan kegiatan penandatangan dokumen perustakaan Ibnu Sina.

Sebelum kegiatan penandatanganan, acara dibuka dengan kegiatan doa Bersama serta menyanyikan lagu Indonesia raya di ikuti sejumlah pelajar SMU 1 Bengkalis serta guru beserta tamu yang hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Bengkalis, Dr. H. Suwarto, dalam sambutannya mengatakan bahwa Dinas Perpustakaan dan kearsipan kabupupaten Bengkalis mengucapkan terimakasih kepada SMU 1 Bengkalis yang telah mengundang Dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten Bengkalis untuk bersama-sama dalam rangka meresmikan Perpustakaan Ibnu Sina SMU 1 Bengkalis, H Swarto berharap dengan kehadirannya dapat meningkatkan kerjasama sebagai upaya mengembangkan kualitas perpustakaan serta meningkatkan minat baca siswa.

“Kita mengharapkan kerjasama ini terus berkelanjutan dan juga dapat meningkatkan minat baca anak-anak sekolah. Kerjasama ini bisa dilakukan dalam berbagai kegiatan, seperti peminjaman buku untuk beberapa waktu yang lama, setelah itu dikembalikan kemudian juga mengenai penomoran buku dan juga penomoran nomor punggung buku juga kita siap memberikan pengetahuan dan juga pengembangan program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS),” ujar Suwarto.

Baca Juga:  Rencana Pembangunan Desa, Pemdes Kelapapati Gelar Musrenbangdes

Selain itu Swarto juga mengatakan pentingnya para petugas pustaka memberikan pelayanan yang baik kepada pelajar sehingga tercipta sebuah kenyamanan, Suwarto juga menyampaikan bahwa Dipersip telah menyediakan aplikasi denganya banyak buku bisa di download di aplikasi tersebut.

“Kita juga memberikan peluang sebesar-besarnya terkait dengan aplikasi i Bengkalis yang bisa di download, sehingga pada akhirnya adik-adik sekolah dapat melaksanakan kegiatan itu dengan baik,” ujar nya

Sementara itu, Kepala Sekolah SMU I Muhammad Nur dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kadis Persip bersama rombongan yang telah hadir di SMU I Bengkalis, melalui kerjasama yang dibangun ia berharap akan meningkat mutu serta kualitas perpustakaan yang lebih baik sehingga mendorong minat baca siswa.

“Tentunya melalui kerjasama ini akan meningkatkan kualitas perpustakaan ini serta mendorong minat baca pelajar,” ujarnya.

Mantan guru Kimia itu juga meminta kepada pelajar agar memnfaatkan fasilitas perpustakaan yang ada tersebut, dan jangan membiarkan perpustakaan kosong tanpa adanya pelajar yang berrkunjung dan hal itu tentunya tidak di inginkan.

“mari manfaatkan fasilitas perpustakaan ini dengan sebaik-baiknya karna didalammnya terdapat Gudang-gudang ilmu bagi yang mau mendapatkan ilmu, perpustakaan ini jangan sampai tidak dikunjungi dibiarkan kosong, tentu itu bukan maksud diresmikan perpustakaan ini,” ungkapnya.

Kepala Perpustakaan Ibnu Sina SMAN 1 Bengkalis, Dra Salbiah M.Pd dalam sambutannya mengatakan terkait alasan memberikan  nama Ibnu Sina sebagai nama Perpustakaan SMU 1, menurut nya nama Perpustakaan diambil setelah melakukan diskusi dengan sejumlah guru serta kajian historis terhadap nama tersebut, dan nama Ibnu Sina sendir adalah nama Imuan Islam dan Ahli kedoteran Islam yang sudah dikenal luas di dunia Islam Bahkan dunia.

“Penamaan Ibnu Sina tersebut dari kepada kepala sekolah dan juga kita diskusikan kepada wakil-wakil sekolah, kemudian dengan latar belakang nama tersebut bisa mengobati rasa kehausan siswa didalam menimba ilmu,” ujar Salbiah.

Baca Juga:  Dispersip Gelar Perekaman IKD Massal Dikantor Dispersip

Ia juga mengatakan, dengan nama yang disematkan tersebut ia berharap akan menjadi inspirasi bagi para pelajar untuk giat belajar dan membaca buku .

”Kita tau bahwasanya Ibnu Sina itu adalah seorang dokter, mudah-mudahan dengan berkunjungnya siswa ke perpustakaan, mereka merasa terobati, wawasannya lebih luas lagi dalam kehidupan ini. Dengan adanya kerjasama dengan Dipersip Bengkalis, kami berharap koleksi kami bisa bertambah, dan kami bisa berkaloborasi dalam segala hal, baik pengelolaan maupun dalam pengadaan tugas-tugas,” ungkap Salbiah.

Salbiah berharap, bahwa dengan adanya perpustakaan yang lengkap didalammnya menjadi literasi terutama pelajar serta siapa saja yang mau berkunjung ke perpustakaan Ibnu Sina SMU 1 Bengkalis tersebut.

Pengawas SMAN 1 Drs Baharuddin dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa, sebagai pengaws dirinya akan selalu berkoordinasi dengan pihak sekolah agar peningkatan mutu Pendidikan di SMU 1 semakin baik bahkan menjadi rujukan bagi sekolah-sekolah yang sederajat dengannya di bengkalis, Baharudin juga meminta agar pihak sekolah selalu aktif terutama melakukan pembinaan terhadap pelajar-pelajar berprestasi untuk di bawa ke ivent nasional sehingga akan mengharumkan nama sekolah bahkan nama daerah.

“di SMU 1 gudangnya para pelajar yang berpotensi, oleh karena itu, semoga kedepannya akan muncul para pelajar yang dapat mengharumkan nama sekolah bahkan nama daerah dari SMU 1 ini,” ujar nya.

Selanjutnya acara di tutup dengan kegiatan poto Bersama serta makan siang. (adv)

Artikel ini telah dibaca 101 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Menpan RB Akan Angkat Honorer jadi ASN Jika Data Terverifikasi dan Tervalidasi Di BKN,

24 April 2024 - 14:31 WIB

Di Usia 96 Tahun, Empu Jamu Indonesia juga Pendiri Mustika Ratu, Mooryati Soedibyo Meninggal Dunia

24 April 2024 - 08:48 WIB

BKN Sampaikan Rilis Terkait Pendataan Ulang Non ASN

19 April 2024 - 16:12 WIB

Beruntung, 706 Guru PPPK Direlokasi Ke Sekolah Asal

19 April 2024 - 15:08 WIB

Ingat Mati, Inilah Gambaran Siksa Kubur

17 April 2024 - 07:33 WIB

Pasca Lebaran, H Bustami HY Pimpin Apel Perdana Dilingkup Setda

16 April 2024 - 21:17 WIB

Trending di Uncategorized